Selasa, 21 Agustus 2012

Chiffon Pelangi

Lumayan kue hasil dari resep Primarasa dapur populer
Saya salinkan resep Chiffon Pelangi, buat siapa2 yang mau mencoba, waktu memasak 90 menit dengan tingkat kesulitan sedang, hasilnya 20 potong.
.
Bahan-bahan :
160 gram tepung terigu
1 sdt baking powder
1 sdt garam
250 ml putih telur
1/2 sendok teh cream of tar tar
175 gram tepung gula
160 ml kuning telur
1/2 sdt vanili bubuk
100 ml air
75 ml minyak goreng
2-3 tetes pewarna hijau muda
2-3 tetes pewarna merah muda
warna merah / 2 tetes pewarna merah muda
1 sdteh cokelat moka pasta/ coklat pasta


Cara Pengolahan :
  1. Siapkan loyang chiffon pelangi diameter 22cm jika ada pakai loyang chiffon berkaki. Alasi dasarnya dengan kertas roti, jangan olesi loyang dan kertas roti dengan margarin atau minyak goreng. Campur terigu,baking powder dan garam ayak, sisihkan. Panaskan oven pada suhu 200C.
  2. Kocok putih telur dan cream of tartar dengan mixer kecepatan sedang hingga berbusa, tambahkan 100 g gula sedikit demi sedikit. Kocok hingga putih telur membentuk ujung yang tumpul waktu mixer diangkat (cool indicator), sisihkan.
  3. Campur kuning telur,sisa gula pasir(75g) dan vanili dalam wadah, lalu kocok dengan mixer kecepatan sedang hingga gula larut dan agak kental (tidak perlu sampai  putih). Angkat mixer tuangi air , aduk perlahan dengan spatula hingga licin dan rata.
  4. Masukkan adonan kuning telur sedikit demi seikit ke dalam putih telur kocok sambil aduk hingga rata. Bagi adonan menjadi 4 bagian sama banyak. Ambil 1 bagian adonan, tambahkan pewarna hijau muda. Satu bagian adonan lagi beri pewarna merah muda. Sisa adonan tambahkan moka pasta.
  5. Tuang sepertiga adonan putih ke dalam loyang, di atasnya tuang sepertiga adonan moka/coklat, di atasnya lagi tuang sepertiga adonan merah muda, terakhir sepertiga adonan hijau. Begitu seterusnya sampai seluruh adonan habis.
  6. Masukkan kue dalam oven, panggang hingga matang (+/- 50 menit), angkat. begitu keluar dari oven, segera balik loyang berisi kue, biarkan sampai dingin betul. Buka loyang  kue, keluarkan kue dengan bantuan pisau, potong-potong, sajikan
Saran saya gunakan oven dengan api atas juga supaya panas merata, dan kue dapat matang merata,
Selamat mencoba

1 komentar: